Written by Administrator   

 

Rapat Koordinasi Persiapan Anggaran Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Tahun 2018

 

IMG 5576Perhelatan pesta demokrasi di Provinsi Nusa Tenggara Timur sejatinya baru akan dilaksanakan pada Tahun 2018 yang akan datang, namun geliat persiapan perlu dilakukan sedini mungkin terutama bagi KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur selaku pihak penyelenggara tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Sebagai wujud langkah awal, maka KPU Provinsi NTT telah menyusun rancangan kebutuhan anggaran pembiayaan yang dibagi dalam 2 tahap yakni kegiatan Persiapan sebesar Rp. 753.000.000,- (tujuh ratus lima puluh tiga juta) dan kegiatan Tahapan sebesar Rp. 433.623.503.160,. (empat ratus tiga puluh tiga miliar enam ratus dua puluh tiga juta lima ratus tiga ribu seratus enam puluh rupiah) sekaligus menginisiasi pertemuan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam rangka penyampaian draft anggaran tahapan dimaksud.

Pertemuan koordinasi tersebut direspon oleh Pemerintah dan pada Senin, 18 April 2016. Tim KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dipimpin oleh Ketua KPU Provinsi NTT diterima oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur masing-masing Sekretaris Daerah, Asisten I Sekretariat Daerah, Kepala Biro Keuangan, Kepala Biro Tata Pemerintahan dan Kasubdit Pemerintahan dan Pembangunan Daerah Bappeda Provinsi Nusa Tenggara Timur di ruang rapat Sekretaris Daerah untuk melakukan pembahasan awal.

Dalam pertemuan yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur, beberapa hal yang menjadi agenda pembahasan rapat yakni penyampaian draft anggaran, pendanaan bersama antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah 10 Kabupaten yang melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta kemungkinan adanya bantuan pendanaan bersama 11 Kabupaten dan 1 Kota yang tidak melaksanakan pemilihan Bupati dan Walikota. Dari ketiga agenda pembahasan tersebut hasil keputusan yang diambil:

  1. Sharing anggaran mutlak dilaksanakan karena telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang Pengelolaan Dana Kegiatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Serta Walikota dan Wakil Walikota. Khusus item pembiayaan yang telah diatur dengan standar pembiayaan baku mengacu pada mekanisme aturan yang berlaku;
  2. Biro Keuangan diminta untuk segera mencermati draft usulan anggaran yang ada dan selanjutnya bersama KPU Provinsi NTT melakukan pencermatan item-item pembiayaan termasuk item pembiayaan yang dapat dilakukan sharing dengan Pemerintah Daerah 10 Kabupaten;
  3. Pertemuan dengan agenda finalisasi anggaran akan dilaksanakan Rapat Koordinasi bersama antar Pemerintah Provinsi NTT, Pemerintah Daerah dan DPRD 10 Kabupaten, KPU Provinsi NTT dan KPU Kabupaten.

Sebelum menutup rapat koordinasi, Sekretaris Daerah kembali mengingatkan bahwa Pemerintah Provinsi akan memberikan dukungan yang optimal demi kelancaran pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur dan berharap agar kerjasama dan koordinasi semua stakeholder dapat berjalan dengan baik sehingga pilkada yang aman, lancar dan damai dapat terwujudkan.(BYPK)

 

 
 
Please wait while JT SlideShow is loading images...
Photo Title 1Photo Title 2Photo Title 3Photo Title 4Photo Title 5
Banner